Mickey Mouse

Minggu, 11 November 2012

MANUSIAN DAN PANDANGAN HIDUP

-->
MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Pendapat hidup artinya pertimbangan atau pendapat ynag dijadika pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Ada beberapa sumber-sumber pandangan hidup, antara lain :
1.      Pandangan hidup yang berasal dari agama, yaiut pandangan yang mutlak kebenarannya.
2.      Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dnegan kebutuhan dan norma yang yang terdapat pada negara tersebut.
3.      Pandangan hidup hasil rennan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.

Pandangan hidup muslim, rumusan tujuan hidup yang didasari oleh ajaran agama menempati posisi sentral, yakni orang yang hormat dan tunduk kepada nilai-nilai agama yang diyakininya, melalui figure Ulama Kharismatik, atau menurut kitab suci. Menurut ajaran Islam, tujuan hidup manusia ialah untuk menggapai ridha Allah, ibtigha mardhatillah.

Ideologi adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. Dinilai dari jenisnya, hak ideologi dibagi menjadi dua yaitu :
1.      Ideologi Terbuka
Bersifat inklusif, tidak totaliter dan tidak dipakai untuk melegitimasi kekuasaan yang deokratis. Ideologi ini merupkn ideologi yan ghanya berisi suatu orientasi dasar.
2.      Ideologi Tertutup
Ideologi tertutup adalah ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial.

Cita – Cita merupakan suatu impian dan harapan seorang akan masa depannya bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidupnya maka cita-cita adalah sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju kedepan .

Kebijakan adalah suatu upaya atau tindakan untuk mempengaruhi system pencapaian tujuan yang diinginkaan upaya dan tindakan dimaksud bersifat strategis yaitu berjangka panjang dan menyeluruh.

Faktor-faktor yan gmempegaruhi perilaku manusia, diantaranya :
1.      Faktor Biologis
2.      Faktor Sosiopsikologis
·         Komponen Afektif
·         Komponen Kognitif
·         Komponen Kognatif
3.      Jenis Ras
4.      Jenis Kelamin
5.      Sifat Fisik
6.      Sifat Kepribadian
7.      Bakat Pembawaan
8.      Intelegensi

Keyakinan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahnwa dirinya telah mencapai kebenaran, dan keyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran.
Kepercayaan adalah suatu keadaan psikologis pada saat seseorang menganggap sutu premisi benar, jika kita yakin dalam suatu hal maka kepercayaan akan muncul, keyakinan dan kepercayaan sangat berdampingan dalam hidup.

Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik anara lain :
1.      Mengenal
2.      Mengerti
3.      Mengkhayati
4.      Meyakini
5.      Mengabdi sumber
Menurut Prof.Dr.Harun Nasution, terdapat 3 aliran filsafat yaitu :
1.      Naturalisme
Hidup manusia yang dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi.
2.      Intelektualisme
Dasar aliran ini adalah logika/akal.
3.      Gabungan
Dasar aliran ini adalah kekuatan gaib juga akal.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar