Mickey Mouse

Kamis, 03 Januari 2013

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB
Pengertian dari tanggung jaawab itu sendiri adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. sehingga bertanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul, menanggung segala sesuatunya, dan memberikan jawab serta menanggung akibatnya.
Macam-macam tanggung jawab antara lain :
1.      Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
2.      Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
3.      Tanggung Jawab Bterhadap Masyarakat
4.      Tanggung Jawab Terhadap Bangsa Dan Negara
5.      Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Contoh kehidupan nyata dalam tanggung jawab, seperti seorang ibu hidup dengan tiga anak, karena suaminya meninggal dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, walapun harus menjadi pelacur sekalipun, karena demi memberikan kehidupan dan bertanggung jawab atas ketiga anaknya.
 Pengertian pengabdian yaitu suatu penyerahan diri, biasanya dilakukan dengan ikhlas, bahkan diikuti pengorbanan. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga, sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau suatu ikatan, dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.
Macam-macam pengabdian yaitu :
1.      Pengabdian Terhadap Tuhan Yang Maha Esa 
2.      Pengabdian Kepada Masyarakat
3.      Pengabdian Kepada Negara
4.      Pengabdian Kepada Keluarga
Contoh pengabdian dalam  kehidupan sehari-hari contohnya saat kita umat Islam melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari, melakukan zakat, melaksanakan kurban dan sebagainya, itu semua tidak lain adalah untuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sedangkan Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.

Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih, tanpa ada perjanjian, tanpa ada transaksi, kapan saja diperlukan. Pengabdian lebih banyak menunjuk kepada perbuatan sedangkan, pengorbanan lebih banyak menunjuk kepada pemberian sesuatu misalnya berupa pikiran, perasaan, tenaga, biaya, waktu. Dalam pengabdian selalu dituntut pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.

Contoh pengorbanan : seorang ibu yang melahirkan anaknya tanpa rasa takut bahwa adanya kemungkinan sang ibu itu tidak bisa diselamatkan.

Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar