Mickey Mouse

Sabtu, 11 Oktober 2014

Tugas 1 Psikologi Manajemen


PSIKOLOGI MANAJEMEN
(Tugas 1 - Audi Resti Irwanti - 3PA09)

I.                   Unsur Psikologis dalam Manajemen
1.      Unsur Kognitif  ( Kemampuan Berfikir )
§  Daya tangkap kognitif untuk memahami tugas baik melalui informasi berupa kalimat, symbol maupun angka.
§  Daya berfikir yang konseptual, yang dapat membangun suatu konsep berfikir yang menyeluruh dan sistematis.
§  Daya analisa berfikir yaitu suatu unsur yang mampu menciptakan hasil pemikiran yagn tepat untuk selesaikan suatu masalah.
2.      Unsur Sikap Kerja ( Kemampuan Menanggapi Tuntutan Pekerjaan )
§  Ketahanan terhadap tekanan ( daya tahan stress ), tekanan ini bisa berasal dari tekanan dari pemimpin, rekan kerja dan sebagainya.
§  Cara kerja yang cepat untuk menyelesaikan pekerjaan, individu harus mampu memahami cara kerja seperti apa yang mampu membuat kinerja kerja menjadi lebih baik, efektif dan efisien.
§  Kemauan untuk mencapai prestasi kerja yang memuaskan.
§  Ketelitian dalam melakukan pekerjaan.
3.      Unsur Kepribadian
§  Daya penyesuaian diri, individu harus memiliki sikap terbuka pada lingkungan yang baru khususnya di dunia kerja sehingga bisa menempatkan diri dengan baik.
§  Kemampuan menjalin interaksi dan hubungan yang baik pada atasan, rekan kerja ataupun bawahan,
§  Kemauan untuk bekerja sama dengan orang-orang yang terlibat dalam organisasi baik didalma organisasi maupun diluar organisasi
§  Kemampuan untuk memimpin diri sendiri ataupun bawahan dengan baik.
II.                Perilaku yang muncul dalam Manajemen
1.      Planning (Perencanaan)
§  Menetapkan tujuan dan target apa yang ingin dicapai.
§  Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target tersebut.
§  Menentukan sumber-sumber daya apa yang dibutuhkan.
§  Menetapkan standar atau indikator-indikator dalam pencapaian tujuan dan target tersebut.
2.      Organizing (Pengorganisasian)
§  Mampu mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas juga prosedur yang akan diperlukan.
§  Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan garis kewenangan dan tanggung jawab antar anggota.
§  Melakukan kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja.
§  Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang tepat.
3.      Actuating (Pelaksanaan)
§  Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif efisien dalam pencapaian tujuan
§  Menjalankan tugas atas penjelasan yang telah rutin dijelaskan mengenai pekerjaan.
§  Melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan.
4.      Controlling (Pengawasan)
§  Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
§  Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas kesalahan yang mungkin ditemukan.
§  Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target yang telah ditentukan sebelumnya.

III.             Sistem Manajemen
1.      Bagian Keuangan
§  Membuat perencanaan kerja, baik jangka panjang ataupun jangka pendek yang dituangkan dalam rencan kerja dan anggran perusahaan / RKAP.
§  Melihat keuangan melalui cash flow. Untuk melihat berapa kebutuhan sana untuk setahun kedepan, yang isinya mewakili budget dan rencana kerja dari semua bagian,
§  Melakukan rapat finalisasi RKAP oleh semua direksi dan menjadikan pegangan untuk kedepannya.
§  Setiap bulan melakukan pengecekan, secara periodik budget yang dibuat akan dibandingkan dengan realitas yang ada jika terdapat perbedaan yang mencolok biasanya akan dibahas dalam rapat periodik.
§  Melakukan pencatatan oleh bagian keuangan atas pelaksanaan budget yang telah dilakukan akunting.
§  Mencari sumber pendanaan, Karena sudah muncul RKAP itu menyebabkan munculnya target-target seperti pada target produksi, target penjualan dan jikalau ada akan melakukan investigasi baru, sumber oendanaan ini bisa dari dalam maupun luar perusahaan.
§  Memberikan selalu motivasi pada setiap bagian untuk mempunyai rasa memiliki dan tanggung jawab diperusahaan untuk menghasilkan untung dan mensejahterakan owner dan karyawan.
§  Pencapaian tujuan yang telah disusun secara terencana, dan yang melaksanakan ini adalah semua sumber daya yang ada baik sumber daya manusia ataupun modal.
2.      Manajemen SDM
§  Sistem perencanaan, dalam melakukan perekrutan karyawan seperti menyiapkan kriteria, bahan tes, dan sebagainya.
§  Penyusunan karyawan, menetapkan karyawan yang pantas untuk ditempatkan ditempat yang efektif.
§  Pengembangan karyawan.
§  Pengelolaan karier.
§  Kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.
3.      Manajemen Pemasaran.
§  Menggunakan system kemampuan organisasi untuk pengelolaannya.
§  Melakukan kemampuan pemasaran.
§  Kemmapuan produksi dan kapabilitas tim manajemen dalam menyatakan kebijakannya.
§  Selalu menggunakan Sistem Fifo.
4.      Manajemen Keamanan.
§  Pengadaan CCTV
§  Evaluasi penertiban kendaraan.
§  Alarm kebakaran dan alarm trouble mesin
§  Cek body
5.      Manajemen Logistik
§  Adanya perencanaan
§  Pemesanan barang ke vendor melalui system fifo
§  Pengecekan barang sesuai pesanan
§  Penyusunan barang sesuai kategori di daerah in coming
§ Pengecekan kembali barang dari bagian produksi yang akan digunakan system fifo dan bon