PSIKOLOGI MANAJEMEN
(Tugas 1 - Audi Resti Irwanti - 3PA09)
I.
Unsur
Psikologis dalam Manajemen
1. Unsur
Kognitif ( Kemampuan Berfikir )
§ Daya
tangkap kognitif untuk memahami tugas baik melalui informasi berupa kalimat,
symbol maupun angka.
§ Daya
berfikir yang konseptual, yang dapat membangun suatu konsep berfikir yang
menyeluruh dan sistematis.
§ Daya
analisa berfikir yaitu suatu unsur yang mampu menciptakan hasil pemikiran yagn
tepat untuk selesaikan suatu masalah.
2. Unsur
Sikap Kerja ( Kemampuan Menanggapi Tuntutan Pekerjaan )
§ Ketahanan
terhadap tekanan ( daya tahan stress ), tekanan ini bisa berasal dari tekanan
dari pemimpin, rekan kerja dan sebagainya.
§ Cara
kerja yang cepat untuk menyelesaikan pekerjaan, individu harus mampu memahami cara
kerja seperti apa yang mampu membuat kinerja kerja menjadi lebih baik, efektif
dan efisien.
§ Kemauan
untuk mencapai prestasi kerja yang memuaskan.
§ Ketelitian
dalam melakukan pekerjaan.
3. Unsur
Kepribadian
§ Daya
penyesuaian diri, individu harus memiliki sikap terbuka pada lingkungan yang
baru khususnya di dunia kerja sehingga bisa menempatkan diri dengan baik.
§ Kemampuan
menjalin interaksi dan hubungan yang baik pada atasan, rekan kerja ataupun
bawahan,
§ Kemauan
untuk bekerja sama dengan orang-orang yang terlibat dalam organisasi baik
didalma organisasi maupun diluar organisasi
§ Kemampuan
untuk memimpin diri sendiri ataupun bawahan dengan baik.
II.
Perilaku
yang muncul dalam Manajemen
1. Planning
(Perencanaan)
§ Menetapkan
tujuan dan target apa yang ingin dicapai.
§ Merumuskan
strategi untuk mencapai tujuan dan target tersebut.
§ Menentukan
sumber-sumber daya apa yang dibutuhkan.
§ Menetapkan
standar atau indikator-indikator dalam pencapaian tujuan dan target tersebut.
2. Organizing
(Pengorganisasian)
§ Mampu
mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas juga prosedur yang
akan diperlukan.
§ Menetapkan
struktur organisasi yang menunjukkan garis kewenangan dan tanggung jawab antar
anggota.
§ Melakukan
kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya
manusia/tenaga kerja.
§ Kegiatan
penempatan sumber daya manusia pada posisi yang tepat.
3. Actuating
(Pelaksanaan)
§ Mengimplementasikan
proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja
agar dapat bekerja secara efektif efisien dalam pencapaian tujuan
§ Menjalankan
tugas atas penjelasan yang telah rutin dijelaskan mengenai pekerjaan.
§ Melaksanakan
kebijakan yang telah ditetapkan.
4. Controlling
(Pengawasan)
§ Mengevaluasi
keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan target
yang telah ditetapkan.
§ Mengambil
langkah klarifikasi dan koreksi atas kesalahan yang mungkin ditemukan.
§ Melakukan
berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian
tujuan dan target yang telah ditentukan sebelumnya.
III.
Sistem
Manajemen
1. Bagian
Keuangan
§ Membuat
perencanaan kerja, baik jangka panjang ataupun jangka pendek yang dituangkan dalam rencan kerja dan
anggran perusahaan / RKAP.
§ Melihat
keuangan melalui cash flow. Untuk melihat berapa kebutuhan sana untuk setahun
kedepan, yang isinya mewakili budget dan rencana kerja dari semua bagian,
§ Melakukan
rapat finalisasi RKAP oleh semua direksi dan menjadikan pegangan untuk
kedepannya.
§ Setiap
bulan melakukan pengecekan, secara periodik budget yang dibuat akan
dibandingkan dengan realitas yang ada jika terdapat perbedaan yang mencolok
biasanya akan dibahas dalam rapat periodik.
§ Melakukan
pencatatan oleh bagian keuangan atas pelaksanaan budget yang telah dilakukan
akunting.
§ Mencari
sumber pendanaan, Karena sudah muncul RKAP itu menyebabkan munculnya
target-target seperti pada target produksi, target penjualan dan jikalau ada
akan melakukan investigasi baru, sumber oendanaan ini bisa dari dalam maupun
luar perusahaan.
§ Memberikan
selalu motivasi pada setiap bagian untuk mempunyai rasa memiliki dan tanggung
jawab diperusahaan untuk menghasilkan untung dan mensejahterakan owner dan
karyawan.
§ Pencapaian
tujuan yang telah disusun secara terencana, dan yang melaksanakan ini adalah
semua sumber daya yang ada baik sumber daya manusia ataupun modal.
2. Manajemen
SDM
§ Sistem
perencanaan, dalam melakukan perekrutan karyawan seperti menyiapkan kriteria,
bahan tes, dan sebagainya.
§ Penyusunan
karyawan, menetapkan karyawan yang pantas untuk ditempatkan ditempat yang
efektif.
§ Pengembangan
karyawan.
§ Pengelolaan
karier.
§ Kompensasi
karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.
3. Manajemen
Pemasaran.
§ Menggunakan
system kemampuan organisasi untuk pengelolaannya.
§ Melakukan
kemampuan pemasaran.
§ Kemmapuan
produksi dan kapabilitas tim manajemen dalam menyatakan kebijakannya.
§ Selalu
menggunakan Sistem Fifo.
4. Manajemen
Keamanan.
§ Pengadaan
CCTV
§ Evaluasi
penertiban kendaraan.
§ Alarm
kebakaran dan alarm trouble mesin
§ Cek
body
5. Manajemen
Logistik
§ Adanya
perencanaan
§ Pemesanan
barang ke vendor melalui system fifo
§ Pengecekan
barang sesuai pesanan
§ Penyusunan
barang sesuai kategori di daerah in coming
§ Pengecekan kembali barang dari bagian produksi
yang akan digunakan system fifo dan bon